websitepemula

Tuesday, December 14, 2010

Kapan Mulai Menyusui?

     Smart parents...ini penting buat ibu yang baru melahirkan dan akan melahirkan.
Proses menyusui dilakukan segera setelah bayi dilahirkan. Dalam keadaan normal, sekitar 30 menit setelah lahir, bayi sudah dapat disusui oleh ibunya. Selain membantu bayi belajar menyusu kepada ibunya dan memperlancar pengeluaran ASI. proses ini disebut dengan "inisiasi" dini pada bayi terhadap ASI ini juga dapat membantu ikatan perasaan (bonding) antar ibu dan bayi.

     Proses menyusi dini dilakukan dengan cara berikut. Keringkan tubuh bayi, kecuali tangannya tanpa mengilankan vernix (lapisan yang menyelimuti kulit bayi baru) yang dapat memberikan rasa nyaman pada kulit bayi. Lalu letakkan bayi dengan possisi tengkurap didada ibu dengan posisi mata bayi sejajar pada puting ibu, ini disebut skin to skin contact.

     Dalam proses mencari puting, biarkan bayi mencari puting ibunya sendiri. Ibu boleh merangsang bayinya untuk bergerak dengan sentuhan lembut namun dianjurkan tidak mendekatkan bayi keputing ibunya. Jika proses tersebut telah selesai, maka bayi boleh dipisahkan dari ibunya dan ditimbang dan diukur. Kemudian bayi kembali dirawat gabung bersama ibunya. (Sumber :Dokter kita edisi ke 7) 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting