websitepemula

Saturday, December 4, 2010

Persiapan Menyusui

Smart parents...

      Menyambut kelahiran bayi merupakan suatu hal yang menyenangkan. Dari menyiapkan baju-baju bayi, hingga menyiapkan nama. Hunting dari satu mall ke mall yang lain, banding-bandingin harga itu pun menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun perut  kita sedang buncit demi menyambut kelahiran buah hati kita, semuanya menjadi sangat indah. Apalagi ditemani suami tercinta. Hmmm....capekpun jadi hilang.
      Satu hal yang sering dilupakan oleh ibu-ibu adalah melakukan persiapan demi ASI prima. Kadatangan bayi dalam keluarga membutuhkan persiapan mental yang optimal, sehingga ibu, keluarga dan suami dapat beradaptasi dengan keadaan baru tersebut. Demikian juga dengan keberhasilan menyusui, begitu erat dipengaruhi oleh keadaan jasmani dan rohani sang ibu.
Smart parents...
       Persiapan mental seorang ibu dimulai saat atau sebelum kehamilan. Komunikasi dengan suami  dan keluarga sangat penting sekali dilakukan. Hal itu dilakukan agar mereka memahami dan mendukung pemberian ASI. Sehingga akan menambah percaya diri sang ibu.
Smart parents...
       Jika kita menginginkan ASI yang baik dan bermutu maupun banyak jumlahnya, maka pastikan ibu dalam keadaan gizi yang baik. Yang harus diperhatikan adalah makanan yang dimakan oleh ibu yang menyusui. Selama menyusui seorang ibu akan memproduksi sekitar 750-800ml/hari, dan sekitar 600ml/hari pada 6 bulan berikutnya. oleh karena itu ibu hamil dan menyusui membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan wanita pada umumnya. Ibu menyusui juga harus cermat memilih bahan makanan yang dapat melancarkan produksi ASI. Seperti makan protein, kalsium, banyak mengkonsumsi sayuran dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. kedelai, daun katuk, bunga pepaya, bayam , kacang dapat melancarkan produksi ASI. >>dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting