websitepemula

Tuesday, December 14, 2010

Posisi Menyusui yang Baik

     ASI adalah hak setiap bayi. Oleh karena itu sangatlah penting buat smart parents untuk mengetahui posisi-posisi yang baik untuk menyusui. Sehingga Proses penyusuan ini sempurna.
Berikut ini adalah posisi-posisi ketika menyusui.


1. Posisi cradle

    Posisi ini adalah posisi normal atau posisi menggendong bayi yang sering dilakukan oleh ibu menyusui pada umumnya, yaitu kedua tangan ibu menggendong bayi untuk menyusu.Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Bagaimana caranya? Pastikan punggung Anda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Jaga bayi di perut Anda, sampai kulitnya dan kulit Anda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah Anda, dan letakkan kepalanya pada siku Anda


2. Posisi cross cradle atau posisi transisi
    
Posisi ini dilakukan dengan lengan berlawanan dengan payudara. Dimana lengan bawah ibu menyangga tubuh bayi, lalu telapak tangan ibu menyangga kepala bayi bagian bawah setinggi telinga bayi atau lebih rendah. Posisi ini berguna untuk bayi yang sangat kecil, bayi sakit atau lahir dengan kelainan fisik.
 3. Posisi  bawah lengan atau american football.
      Posisi ini biasanya dilakukan pada bayi kembar atau jika ibu mengalami kesulitan melekatkan bayi melintangi didepan tubuhnya. Pada posisi ini telapak tangan ibu menyangga kepala bayi bagian bawah setinggi telinga bayi atau lebih rendah. Payudara yang digunakan untuk menyusui sama dengan tangan yang memegang bayi. Lalu kaki bayi ke bagian belakang badan ibu di samping tangan yang memegang bayi.
4. Posisi tidur/ Lying down
Berguna untuk ibu yang ingin berbaring atau setelah melahirkan caesar. Posisi tudir ini pun dapat dilakukan dengan lengan menopang kepala ibu atau bayi dapat ditopang dengan lengan bawah dan bila ASI berlebihan maka proses menyusui dapat dilakukan dengan terlentang dan bayi tengkurap.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting