websitepemula

Wednesday, December 1, 2010

Kenapa harus ASI?

Smart parents...
Perlu smart parents ketahui, ASI merupakan hadiah terbaik yang diberikan oleh Alloh SWT kepada ibu untuk buah hatinya sebagai bekal di masa depannya. ASI merupakan gizi bayi terbaik, sumber makanan utama dan yang paling sempurna bagi bayi usia 0-6 bulan. Tak ada makanan  yang gizinya mampu menandingi ASI. Dibandingkan susu formula,ASI memiliki manfaat dan kelebihan yang luar biasa.

Smart parents...
Lemak dan zat besi pada ASI dapat berubah-ubah setiap waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan ASI. Selain itu ASI memiliki kolostrum yang tidak dimiliki oleh susu formula. Kolostrum (Colostrum) adalah jenis susu yang diproduksi pada tahap akhir kehamilan dan pada hari-hari awal setelah melahirkan. Warnanya kekuningan dan kental. Meski jumlahnya tidak banyak, kolostrum memiliki konsentrasi gizi dan imunitas yang tinggi.Kolostru kaya akan antibodi yaitu imunoglobulin A (IgA), IgG, dan IgM, serta laktoferin,lisozim dan laktoperoksidase. Kolostrum juga mengandung faktor pertumbuhan seperti, IGF-1, TGF-alfa, dan TGF-beta serta kaya akan protein, vitamin A dan NaCl.

Smart parents...
Selain itu, kandungan protein pada ASI dibandingkan susu formula sangatlah berbeda. ASI terdiri dari      8-15 g/l protein. Sedangkan susu formula 15 g/l bahkan lebih. Kelebihan koposisi ini nantinya akan membebani ginjal dan lambung sang bayi, sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. dan menghasilkan ampas dilambung yang susah dicerna.

Smart parents...berikut adalah manfaat ASI bagi bayi dan ibu.
Manfaat ASI Bagi bayi:
Kekebalan tubuh "imunoglobulin" membantu bayi selama tiga bulan pertama untuk melindungi tubuh dari serangan kuman terus-menerus, bahkan membantunya untuk membentuk dan memperkuat sistem kekebalan sendiri. Apalagi beberapa penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan bayi tumbuh lebih cepat ketika ia diberi susu ibu. Susu ibu juga mengandung unsur kekebalan yang disebut "mucins" yang mengandung banyak protein dan karbohidrat. Zat ini mengikuti bakteri dan virus dan sepenuhnya menghilangkan mereka dari tubuh tanpa efek samping, berbeda dengan obat-obatan kimia.

Susu ibu juga memberikan stabilitas psikologis bayi, membantu tidur dan tenang, ia bekerja sebagai analgesik alamiah terbaik bagi bayi. ASI melindungi bayi dari alergi. Bahaya gizi pada susu sapi, misalnya, hal itu meningkatkan kemungkinan serangan kanker delapan kali lipat.

Manfaat ASI bagi ibu
Banyak studi yang dilakukan di tiga puluh negara menunjukkan ibu yang menyusui bayinya kurang terkena kanker payudara.
Rahim melebar dua puluh kali selama kehamilan dan melahirkan. Penelitian menunjukkan menyusui bermanfaat untuk membantu rahim kembali ke ukuran normal. Sebaliknya ibu yang tidak menyusui bayinya ukuran rahimnya tetap lebih dari batas normal. Selain itu, menyusui juga melindungi dari kanker rahim.
Penyusuan alami membantu ibu untuk mengurangi berat badannya dan melindungi dirinya dari kegemukan. Bahkan ia juga bekerja sebagai analgesik alami rasa sakit bagi ibu juga. Penyusuan alami juga membantu ibu dan anak untuk tidur nyenyak.

Alloh telah berfirman:

وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلادَكُمْ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا ءَاتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلا وُسْعَهَا لا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِمَابِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya : “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma`ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” QS. Al-Baqarah (2) : 233

Smart parents...
Sungguh luar biasa Islam mengatur itu semua.14 abad yang lalu,Al Quran telah menjelaskan bahwa hendaknya seorang ibu menyusui anaknya  hingga 2 tahun. Jauh sebelum WHO mengeluarkan pernyataan tentang ASI. SUbhanallah...islam is the best


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting